To Top

Detail Article

Aplikasi Telemedisin Kaki Diabet Indonesia sebagai Sarana Penyuluhan Kesehatan Kaki Penderita Diabet di Indonesia

Aplikasi Telemedisin Kaki Diabet Indonesia sebagai Sarana Penyuluhan Kesehatan Kaki Penderita Diabet di Indonesia

 

Dewasa ini, kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Yang pada awalnya istilah internet merupakan sesuatu yang asing ditelinga kita, sekarang telah menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari. Apalagi semenjak pandemi covid-19 menyerang, kita diharuskan untuk lebih beradaptasi dan mengembangkan kemajuan teknologi. Dulu, kita tidak mengenal batas dan jarak antar sesama individu, namun sekarang pada saat pandemi covid-19 “social distancing” menjadi sebuah kewajiban. Mayoritas pekerjaan kita lakukan secara daring, semua hal yang kita biasa lakukan di kantor dan tempat kerja  sekarang kita lakukan secara Work From Home. Hal ini tentu sangat berdampak kepada para pasien, terutama pasien dengan penyakit Diabetes yang diperkirakan mencapai 10,7 juta pada tahun 2020 di Indonesia sendiri. Salah satu komplikasi yang sangat sering terjadi pada pasien dengan Diabetes adalah “Diabetic foot” atau yang lebih dikenal sebagai kaki diabet. Pandemi covid -19 tentu membuat pasien sulit untuk mendapat konsultasi dan penyuluhan secara langsung oleh dokter maupun nakes, yang mana tentu saja akan memperburuk kesehatan kaki dan kondisi para pasien. Melalui aplikasi Kaki Diabet Indonesia, pasien maupun masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses informasi – informasi penting seputar Kesehatan kaki. Informasi yang disajikan dalam aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari pengelolaan kaki diabet, cara merawat dan mencegah amputasi pada kaki diabet, olahraga yang tepat untuk pasien dengan kaki diabet dan masih banyak lagi yang lain. Tidak hanya itu, aplikasi Kaki Diabet Indonesia juga menyediakan layanan konsultasi dokter secara online. Aplikasi ini sendiri dapat di unduh secara gratis melalui Google Play Store. Sehingga, aplikasi Kaki Diabet Indonesia merupakan sarana penyuluhan untuk pasien yang dapat di akses kapanpun dan dimana saja. Kita dapat menjaga Kesehatan kaki tanpa harus keluar rumah, apalagi di era pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

 

 

 

Refrensi :

  • Kakidiabetindonesia.com. 2021. Kaki Diabet Indonesia. [online] Available at: <https://kakidiabetindonesia.com/> [Accessed 5 October 2021].
  • Pusdatin.kemenkes.go.id. 2021. Infodatin Tetap Produktif, Cegah, dan Atasi Diabetes Melitus. [online] Available at: <https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/Infodatin-2020-Diabetes-Melitus.pdf> [Accessed 5 October 2021].

 

Hubungi Kami

Niko Azhari Hidayat

Executive Director

Tel: +62-81332355540

Klinik Vaskular RS Universitas Airlangga, Surabaya, East Java, Indonesia

kakidiabetindonesia@gmail.com

Full Name
Main Email
Other Email
Phone
Phone
Berapa kadar Gula darah terakhir
Message
""